Tips Merawat Rumput Halaman

Apakah ketebalan halaman rumput Anda nampak tidak merata dengan adanya bagian tertentu yang menipis? Pemupukan dapat membantu halaman rumput tersebut tumbuh lebat/tebal dan hijau sebagaimana harapan Anda. Untuk melakukan pemupukan yang tepat, Anda harus mempersiapkan tanah, memilih pupuk yang tepat, dan menggunakan cara yang akan membuat halaman rumput Anda memiliki kesempatan terbaik untuk tumbuh lebih kuat dan sehat. Bacalah artikel berikut untuk menemukan informasinya.

Memilih Jenis Pupuk

  1. Gambar berjudul Fertilize a Lawn Step 1 preview

    Kenali jenis rumput Anda. Jenis rumput akan menentukan jenis pupuk yang perlu digunakan, dan berapa sering Anda perlu melakukan pemupukan. Beberapa wilayah sesuai untuk pertumbuhan rumput jenis warm season grass—yang tahan dengan sedikit air dan cuaca panas. Sementara, wilayah lain cocok untuk jenis rumput cool season grasses—yang tahan musim dingin dan panas ekstrem. Jika Anda tidak mengetahui jenis rumput di halaman Anda, bertanyalah pada tetangga yang memiliki jenis rumput sama, atau cabutlah sedikit rumput tersebut dan tanyakan ke pusat pertamanan terdekat.

    • Termasuk rumput jenis warm season grass, antara lain St. Augustine, Bahia, Carpetgrass, Centipede, Bermuda, dan Buffalo. Di wilayah Amerika Serikat, misalnya, jenis ini terutama tumbuh di bagian selatan. Rumput jenis ini berubah cokelat pada musim gugur setelah embun beku pertama setiap tahun.
    • Termasuk rumput jenis cool season grasses, antara lain Fine Fescue, Bluegrass, Bentgrass, dan Ryegrass. Di wilayah Amerika Serikat, jenis ini terutama tumbuh di bagian utara. Jenis rumput ini tetap hijau sepanjang tahun.
    • Baik jenis warm season grass maupun cool season grass dapat tumbuh di wilayah tengah Amerika Serikat.
  2. Gambar berjudul Fertilize a Lawn Step 2 preview

    Lakukan pengujian pH tanah. Pengukuran tingkat kebasaan ataupun keasaman tanah akan membantu menentukan pH pupuk yang harus Anda siapkan. Anda dapat membeli alat pengukur pH tanah di toko perlengkapan pertamanan ataupun secara daring (online). Ikutilah petunjuk untuk menentukan ukuran pH tanah. Jika tanah memiliki tingkat keasaman atau kebasaan yang tinggi, Anda memerlukan jenis pupuk yang akan menyeimbangkan pH tanah yang sesuai untuk pertumbuhan rumput yang optimal.
  3. Gambar berjudul Fertilize a Lawn Step 3 preview

    Ukur luas halaman rumput. Anda perlu mengetahui berapa meter persegi luas halaman rumput Anda untuk menentukan jumlah pupuk yang harus dibeli. Kalikan ukuran panjang dan lebar halaman untuk mengetahui luasnya dalam satuan meter persegi. Pastikan Anda mengurangi luasan area yang tidak perlu dipupuk, seperti rumah dan area lansekap tertentu.
  4. Gambar berjudul Fertilize a Lawn Step 4 preview

    Belilah pupuk. Setelah Anda mengetahui jenis rumput, pH tanah, dan ukuran luas halaman; pilihlah jenis pupuk yang sesuai dengan kebutuhan rumput di halaman Anda. Ada beragam jenis pupuk yang bisa dipilih, dan sebaiknya Anda perlu melakukan riset kecil sebelum memilihnya. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menentukan pilihan, sebaiknya Anda berkonsultasi atau meminta bantuan dari pengelola toko pertamanan. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pikirkan:

    • Anda dapat membeli pupuk dalam bentuk cair ataupun butiran. Pupuk cair bekerja cepat, namun juga terserap dengan cepat sehingga perlu dilakukan pemupukan ulang setiap beberapa minggu sekali. Sementara, pupuk berbentuk butiran yang disebarkan di halaman akan diserap lebih lambat.
    • Pilihlah pupuk berbentuk butiran yang bereaksi cepat atau yang bereaksi lambat. Pupuk yang bereaksi lambat hanya perlu ditaburkan satu atau dua kali dalam musim pertumbuhan rumput.
    • Pilihlah antara pupuk kimia dan organik. Anda bisa menggunakan pupuk yang juga mematikan rumput liar. Namun penggunaan pupuk organik relatif lebih baik untuk kesehatan rumput Anda dalam jangka panjang.

     

Dikutip dari: Wikihow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *