Pentingnya Taman di Rumah

Saat ini, banyak orang kurang memperhatikan pentingnya taman di halaman rumah. Selain karena terbatasnya lahan tanah, banyak orang yang mengubah fungsi halaman tanah menjadi sebuah bangunan. Padahal, taman mempunyai peranan penting untuk kehidupan kita. Selain memperindah rumah, taman juga difungsikan untuk menghindarkan suasana rumah yang gersang.

Ilustrasi taman rumah (kirbylittle.com)

Ilustrasi taman rumah (kirbylittle.com)

Dengan adanya taman, suasana rumah akan terlihat lebih menarik, nyaman dan segar. Perlu diketahui juga bahwa taman tidak sekadar pengisi ruang kosong, melainkan mempunyai banyak fungsi dan peran yang jauh lebih besar. Beberapa manfaat taman rumah antara lain sebagai berikut:

1. Tanaman yang terdapat di taman memberikan kesegaran pada lingkungan

Dengan adanya tumbuhan tanaman di taman akan menjadikan lingkungan rumah lebih segar dan nyaman, karena tanaman memberikan suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.

2. Taman yang berisi tanaman hidup memberikan keseimbangan

Rumah dibangun oleh batu dan semen yang merupakan benda mati. Keberadaan tumbuhan hidup akan memberikan keseimbangan pada rumah, sehingga memberikan rasa nyaman dan enak sebagai tempat tinggal.

3. Sebagai tempat rekreasi dan refreshing

Kelelahan atau stres yang dialami saat bekerja di kantor akan segera hilang dengan sekadar menyiram tanaman atau memandang dan menikmati taman. Taman berfungsi sebagai tempat untuk mengisi waktu luang ataupun untuk menyalurkan hobi berkebun.

4. Taman berguna sebagai tempat rekreatif yang bermanfaat bersama keluarga

Penggunaan taman bisa digunakan sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga, yang tentunya berguna untuk meningkatkan komunikasi dan kedekatan keluarga. Taman yang luas bisa Anda pergunakan untuk bermain bersama keluarga.

Mengingat pentingnya fungsi taman, tak ada salahnya bila Anda berusaha menghadirkan taman di rumah Anda. Di mana pun Anda tinggal dan berapa pun luas halaman yang ada, Anda dapat membuatnya. Apabila luas halaman rumah hanya tersisa sedikit, Anda dapat membuat taman dengan pola menempel ke dinding tembok. Buat saja penyangga tanaman dari rangka kawat yang disemen ke tembok. Setelah itu letakkan tanaman dengan pot di atasnya. Anda juga bisa menambahkan gazebo untuk berkumpul bersama keluarga di taman. Selain bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga, gazebo juga bisa mempercantik taman Anda.

 

Dikutip dari: Acehardware Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *